Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERJUANGAN DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MURID KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 057 TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR

Siti Fatimah (2010) PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI PERJUANGAN DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MURID KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 057 TANJUNG BERULAK KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010397PIPS-E.pdf

Download (624kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar mata Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan murid kelas V Sekolah Dasar Negeri 057 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 057 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah murid sebanyak 18 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Mei sampai dengan Agustus 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode Inquiry pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar murid dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan belajar murid hanya mencapai 8 orang (44,44) murid yang tuntas, sedangkan 10 orang murid (55,56%) belum tuntas, Sedangkan setalah tindakan ketuntasan belajar murid meningkat menjadi 14 orang (77,78%) murid yang tuntas. Sedangkan 4 orang murid (22,22%) belum tuntas atau memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan yaitu 65. artinya ketuntasan murid telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan metode Inquiry, maka hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan murid kelas V Sekolah Dasar Negeri 057 Tanjung Berulak Kecamatan Kampar akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:57
Last Modified: 23 Aug 2017 02:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10480

Actions (login required)

View Item View Item