PENGARUH STRATEGI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMAN 1 KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN MERANTI

Dedek Andrian, (2011) PENGARUH STRATEGI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMAN 1 KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN MERANTI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011388.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tebing Tinggi. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Student Teams Achievement Division dapat mempengaruhi hasil belajar Matematika siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti?” Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3 SMAN 1 Tebing Tinggi dan objek penelitian ini adalah pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Student Teams Achievement Division. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan tes, peneliti memberikan tes yang sama kepada kedua kelas. Tes yang sama bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan yang berbeda terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif lebih baik dari pada pembelajaran Konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar Kooperatif sebesar 73,29 lebih baik dari hasil belajar konvensional sebesar 65,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Student Teams Achievement Division berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SMAN 1 Tebing Tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:30
Last Modified: 15 Jan 2016 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item