UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROYEK PADA MATERI SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA DI KELAS VIII MTs IRTIQO UL ISLAMI ROKAN

Witnawati, (2010) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROYEK PADA MATERI SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA DI KELAS VIII MTs IRTIQO UL ISLAMI ROKAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010249PIPS-E.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Irtiqo Ul Islami Rokan ditemui beberapa masalah, yaitu: 1) Dari hasil penelitian masih ada siswa yang kurang memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran, 2) Hasil penelitian masih ada siswa yang tidak bertanya dalam pembelajaran. Dan 3) Hasil penelitian masih ada siswa yang bercerita dengan teman sebangkunya dalam belajar. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan metode proyek dalam proses pembelajaran IPS Ekonomi kelas VIII MTs Irtiqo Ul Islami Rokan, dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII MTs Irtiqo Ul Islami Rokan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas kelas VIII MTs Irtiqo Ul Islami Rokan. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan, mulai dari tanggal 26 April 2010 hingga 26 September 2010. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV, maka diperoleh suatu ikhtisar atau kesimpulan. Kesimpulan yang dimaksud dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas VIII MTS Irtiqo Ul Islami Rokan dapat ditingkat melalui metode proyek. Pernyataan ini didukung oleh fakta berikut: 1. Pada tes awal atau sebelum diterapkannya metode proyek, diketahui rata-rata persentase 59,7 atau dengan jumlah skor 591 (rendah). 2. Pada siklus I, rata-rata persentase 69,3 atau dengan jumlah skor 686 (tinggi). 3. Pada siklus II, rata-rata persentase 77,8 atau dengan jumlah skor 770 (tingg). Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil. Karena telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan (minimal 75%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:51
Last Modified: 23 Aug 2017 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item