Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 018 TERANTANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Nurafni (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 018 TERANTANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010247PIPS-E.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPS. Hal ini terlihat dari 28 orang siswa terdapat 18 orang siswa atau 64% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan dan kurangnya keinginan siswa untuk mengajukan pertanyaan atau pendapatnya ketika pembelajaran di kelas. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan pembelajaran tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 018 Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 018 Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun waktu penelitian ini bulan Maret sampai dengan Agustus 2010. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran IPS. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang menganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada mata pelajaran IPS, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II pada siklus I hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 64,28 dengan kategori sedang. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai rata-rata 69,28%. Pada siklus III hasil belajar siswa cukup memuaskan dengan mencapai rata-rata 75,00%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPS dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:50
Last Modified: 23 Aug 2017 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10476

Actions (login required)

View Item View Item