PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MURID KELAS V MI DARUSSALAM KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG

Nuraini, (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MURID KELAS V MI DARUSSALAM KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010244PIPS-E.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di MI Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah khususnya dalam pelajaran IPS. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka pada penelitian ini diterapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe True Or False. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Penerapan strategi pembelajaran kooperatif True or False dapat meningkatkan hasil belajar IPS murid kelas V MI Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang. Sedangakan yang menjadi hipotesis penelitian yaitu: melalui penerapan pembelajaran koopetarif tipe True or False dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dapat menigkatkan hasil belajar IPS murid kelas V MI Darussalam Kualu Nenas Kecamatan Tambang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS. Sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa adalah 55.45, pada penerapan model pembelajaran siklus I meningkat menjadi 63.64 Pada siklus II ternyata terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata persentase 66.36. Sedangakan pada siklus III terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase. 74.55. hal ini menunjukan bahwa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe True Or False dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:48
Last Modified: 23 Aug 2017 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10474

Actions (login required)

View Item View Item