Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MURID DALAM PENGUASAAN KONSEP-KONSEP PRODUKSI MELALUI METODE FIELD-TRIP PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIM SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR

Indrawati (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MURID DALAM PENGUASAAN KONSEP-KONSEP PRODUKSI MELALUI METODE FIELD-TRIP PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIM SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010240PIPS-E.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan murid dalam penguasaan Konsep-konsep Produksi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV terutama pada materi perkembangan teknologi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah metode Field-trip dapat meningkatkan kemampuan murid dalam penguasaan Konsep-konsep Produksi pada mata pelajaran IPS kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV yang berjumlah 43 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 28 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan murid dalam penguasaan Konsep-konsep Produksi melalui metode Field-Trip pada mata pelajaran IPS kelas IV MIM Simpang Kubu Kecamatan Kampar. Adapun waktu penelitian ini direncanakan bulan Maret sampai dengan Juni 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya Penerapan metode Field-Trip pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan kemampuan murid dalam penguasaan Konsep-konsep Produksi dari sebelum tindakan, siklus I dan Siklus II. Pada sebelum tindakan kemampuan murid dalam penguasaan Konsep-konsep Produksi hanya mencapai skor 172 atau dengan persentase 50,00% dengan kategori rendah. Pada Siklus I kemampuan murid dalam penguasaan Konsep-konsep Produksi telah mencapai skor 210 atau dengan persentase 61,05% dengan kategori mampu. Setelah adanya perbaikan-perbaikan terhadap kemampuan guru siklus II, kemampuan murid mencapai cukup memuaskan dengan mencapai skor 301 atau dengan persentase 87.50%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran IPS dengan metode Field-Trip dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:38
Last Modified: 23 Aug 2017 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10472

Actions (login required)

View Item View Item