MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENERAPKAN HUKUM BACAAN NUN MATI MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS VII MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU

Hasmidar, (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENERAPKAN HUKUM BACAAN NUN MATI MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS VII MTS AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2010_201004PAI.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menerapkan hukum bacaan Nun Mati dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, sedangkan obyek penelitiannya adalah kemampuan menerapkan hukum bacaan Nun Mati dalam membaca Al-Qur’an. Jenis data ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara memberikan tes kepada siswa, dan memberi tanda chek list ( ) pada instrument yang telah disiapkan. Hasil dari tes dianalis dengan menggunakan deskripsi presentase. Dari hasil akhir pengolahan data penelitian yang sudah dilakukan di Kelas VII MTs Al-Muttaqin Pekanbaru, diketahui bahwa kemampuan dalam menerapkan hukum bacaan Nun Mati dalam membaca Al-quran dapat dikategorikan ‘’meningkat dan baik sekali”. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes pertama sebelum tindakan persentase rata-ratanya adalah 59,3%, tes kedua setelah tindakan pertama persentase rata-ratanya 65,3%, dan tes ketiga setelah tindakan kedua persentase rata-ratanya 76,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 23 Aug 2017 05:52
Last Modified: 23 Aug 2017 05:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10469

Actions (login required)

View Item View Item