PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP N 1 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG

Sartoyo, (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP N 1 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201002PAI.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang digunakan guru untuk menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa agar tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan dan kemampuan guru dalam menggunakannya dan bagaimana memfariasikan strategi pembelajaran dalam melakukan proses pembelajaran, maka akan terjadinya pembelajaran yang efektif dan efisien dalam kegiatan belajar mengajar dan akhirnya dapat menghasilkan suasana yang kondusif dalam belajar dan keberhasilan dalam melakukan proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar agama siswa kelas VII SMP N I Tapung Kecamatan Tapung melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif larning tipe true or false. Berdasarkan studi pendahuluan di SMP N I Tapung bahwa motivasi belajar agama siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari gejala-gejala masalah, diantaranya adalah : penggunaan strategi yang tidak bervariasi, sebagian siswa kurang tanggap terhadap pelajaran agama, sebagaian siswa tidak bersemangat ketika mengikuti pelajaran agama, siswa cenderung lebih banyak diam, maka rumusan masalahnya adalah apakah dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif learning tipe true or false dapat meningkatkan motivasi belajar agama siswa kelas VII SMP N I Tapung Kecamatan Tapung ? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang tidak menggunakan lokal kontrol, tetapi melihat motivasi dari sebelum penerapan dan setelah penerapan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP N I Tapung Kecamatan Tapung. Karena kelas VII mencakup lima lokal yang berjumlah 142 siswa maka sebagai sampelnya penulis mengambil satu lokal, yaitu kelas VII A sebagai sampel yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu : wawancara, dokumentasi, dan observasi, observasi dilakukan 5 kali pertemuan. Pertemuan pertama dilakukan tanpa pemberian tindakan, pertemuan kedua sampai keempat dengan pemberian tindakan dan pertemuan kelima untuk membahas soal-soal. Observasi pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat dilakukan dengan cara mengisi lembaran observasi motivasi yang telah disediakan. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Chi kuadrat : x 2 = ( f o− f h )2 ∑ f h Digunakan rumus Chi Kuadrat karena kedua variabel (variabel dependent dan independent) jenis datanya ordinal yaitu data yang diurutkan dari jenjang yang paling rendah sampai kejenjang yang paling tingi atau sebaliknya. Dari analisis data diperoleh harga Chi Kuadrat X2 = 19,2 lalu berkonsultasi dengan harga kritik Chi kuadrat dengan df = 4 diperoleh harga Chi Kuadrat pada taraf signifikan 5 % = 9, 49 dan taraf signifikan 1 % = 13, 28. Hal ini jelas bahwa nilai Chi Kuadrat hitung lebih dari harga kritik Chi Kuadrat baik pada taraf signifikan 5 % maupun pada taraf signifikan 1 %. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe True Or False dapat meningkatkan motivasi belajar agama siswa kelas VII SMP N I Tapung Kecamatan Tapung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 23 Aug 2017 01:58
Last Modified: 23 Aug 2017 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10466

Actions (login required)

View Item View Item