PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TEKNIK INDEX CARD MATCH (ICM) DALAM PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 KAMPAR KIRI

Mahdalinda, (2011) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TEKNIK INDEX CARD MATCH (ICM) DALAM PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 KAMPAR KIRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011275.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas X1 SMA Negeri 1 kampar Kiri setelah Penerapan Strategi Belajar Aktif Teknik Index Card Match (ICM) dalam Pembelajaran Langsung pada materi menentukan jarak titik, garis dan bidang pada Bangun Ruang Kubus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Kampar Kiri setelah penerapan Strategi Belajar Aktif teknik Index Card Match (ICM) dalam Pembelajaran Langsung pada materi menentukan jarak titik, garis dan bidang pada Bangun Ruang Kubus Tahun Ajaran 2009/2010? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan guru dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran mulai dari RPP, LTS, dan tahap refleksi proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Kampar Kiri Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian adalah peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan Strategi Belajar Aktif teknik Index Card Match (ICM) dalam Pembelajaran Langsung. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 3 kali yaitu satu kali pertemuan tanpa tindakan dan 2 pertemuan dengan tindakan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa, maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator motivasi belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan menggunakan Teknik Persentase. Dari hasil tersebut, dapat diketahui apakah terjadi peningkatan motivasi atau tidak dari setiap siklus yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data observasi, pada pratindakan, siklus I, dan siklus II berturut-turut diperoleh (0% ; 20% ; 80%) peserta didik yang mencapai ≥70,5%. Masing-masing indikator pada pratindakan dan siklus II berturut-turut diperoleh indikator 1 = (35,3% ;86,0%), indikator 2 = (54,7% ; 82,0%), indikator 3 = (34,7% ; 70,0%), indikator 4 = (58,0% ; 90,6%), indikator 5 = (48,7% ; 76,0%), indikator 6 = (43,3% ; 78,7%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Kampar Kiri terjadi pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II yaitu setelah penerapan penerapan Strategi Belajar Aktif teknik Index Card Match (ICM) dalam Pembelajaran Langsung pada materi menentukan jarak titik, garis dan bidang pada Bangun Ruang Kubus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:28
Last Modified: 15 Jan 2016 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item