Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HADIS TENTANG PERPECAHAN UMAT (Studi Kualitas Hadis)

Maria Ulfa (2010) HADIS TENTANG PERPECAHAN UMAT (Studi Kualitas Hadis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201016TH.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Perbedaan penafsiran seharusnya bisa menjadikan rahmat bagi seluruh umat, seperti hadis Rasulullah SAW yang artinya “perbedaan pendapat dikalangan umatku akan menjadikan rahmat”. Tetapi dalam hadis Rasulullah SAW menjelaskan bahwa terpecahnya umat ini akibat dari interpretasi yang berbeda, berangkat dari asumsi tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti hadis tentang perpecahan umat dalam Islam, dengan meneliti permasalahan dari segi kualitas sanad maupun matan hadis tentang perpecahan umat, serta bagaimana kehujjahan dan pemahaman hadisnya. Adapun untuk membahas permasalahan di atas, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research) yang difokuskan pada penelusuran dan penelaahan terhadap literatur serta bahan kepustakaan lainnya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hadis tentang perpecahan umat, dilihat dari segi sanad bernilai shahih, penilaian ini di dasarkan pada kualitas perawi yang kesemuanya “tsiqah” (‘adil dan dlabit) dan sanadnya bersambung dari mukharrij sampai Nabi Muhammad SAW serta terhindar dari syudzudz dan ‘illat. Dilihat dari segi matan dengan memakai tolak ukur penelitian matan yang diajukan al-Adlabi, yaitu tidak bertentangan dengan al-Qur’an, hadis yang lebih kuat dan tidak bertentangan dengan akal sehat, maka hadis ini telah memenuhi tolak ukur penelitian matan tersebut. Artinya, dari sudut matan hadis yang diteliti ini berkualitas shahih, karena baik sanad maupun matan hadis ini sama-sama bernilai shahih, maka hadis tersebut berkualitas shahih li-dzatihi. Hadis tersebut dapat dijadikan hujjah karena hadis tentang perpecahan umat dalam Islam ini merupakan hadis yang Maqbul Ma’mulun Bih, dengan alasan hadis tersebut tidak bertentangan dengan al-Qur’an dan al-Hadits yang lebih kuat juga dengan akal sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.125 Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:51
Last Modified: 22 Aug 2017 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10452

Actions (login required)

View Item View Item