STUDI KUALITAS HADITS TENTANG MENGAZANKAN ANAK YANG BARU LAHIR

Neli Hidayah, (2010) STUDI KUALITAS HADITS TENTANG MENGAZANKAN ANAK YANG BARU LAHIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201006TH.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Studi Kualitas Hadits tentang Mengazankan Anak yang Baru Lahir”. Menurut penulis, tema ini perlu diangkat karena munculnya perbedaan-perbedaan dikalangan ulama dalam menghukumi kualitas hadits tersebut sehingga perbedaan itu juga berdampak pada pengamalannya dikalangan masyarakat. Dengan demikian, hal ini sangat menarik untuk diteliti. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas hadits tentang mengazankan anak yang baru lahir baik sanad maupun matan, kemudian bagaimana pemahaman hadits tentang mengazankan anak yang baru lahir. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hadits yang akan diteliti tersebut, baik dari segi sanad, maupun matan serta pemahamannya secara benar. Sehingga dengan penelitian ini umat Islam dapat mengamalkannya secara tepat dan yakin. Dalam melakukan penelitian digunakan metode takhrij bi al-Faz yang merjuk pada kitab Mu’jam al-Mufahrasy li al-Faz al-Hadits al-Nabawi karya Aj. Wensink. Maka dari kitab ini diperoleh keterangan bahwa hadits yang dimaksud diriwayatkan oleh tiga orang mukharrij, yaitu Abu Daud, Tirmidzi, dan tiga jalur dari Ahmad ibn Hanbal. Berangkat dari informasi tersebut maka dimulailah penelitian dengan menelusuri hadits kepada sumbernya yang asli. Kemudian diteliti persambungan sanadnya dari semua jalur dari ketiga periwayat diatas dan diketahui semua sanad dari semua jalur periwayat tersebut dalam keadaan terputus, yaitu antara Ashim ibn Ubaidillah dengan Ubaidillah ibn Abi Rafi’. Karena sebab keterputusan sanad, maka dinyatakan semua jalur hadits tersebut berstatus dhaif. Selanjutnya setelah dianalisa dan dipahami mengenai hukum pengamalan hadits dhaif ternyata hadits tentang mengazankan anak yang baru lahir yang berkualitas dhaif juga bisa diamalkan sebagai fadhail al-a’mal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:10
Last Modified: 22 Aug 2017 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10447

Actions (login required)

View Item View Item