MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Sri Hidaroyani, (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MURID KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 RANAH SUNGKAI KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011179.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid dalam pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 005 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan alat peraga. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SD Negeri 005 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah murid sebanyak 15 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan alat peraga di kelas IV SD Negeri 005 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri 005 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar. Rata-rata hasil belajar murid sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 53,33%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (ulangan harian II) adalah 93,33%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah murid, artinya seluruh murid telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan. Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas IV SD Negeri 005 Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:22
Last Modified: 15 Jan 2016 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item View Item