STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERPANDU PADA TEORI BELAJAR SKINNER DENGAN PENERAPAN MODEL KOMPETISI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII1 SMP NEGERI 1 PERANAP

Asmita Neli, (2011) STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERPANDU PADA TEORI BELAJAR SKINNER DENGAN PENERAPAN MODEL KOMPETISI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII1 SMP NEGERI 1 PERANAP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011121.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Peranap melalui teori belajar Skinner dengan penerapan model kompetisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran, mengatasi masalah pembelajaran, meningkatkan profesionalisme, dan menumbuhkan budaya akademik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Peranap pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Pokok bahasan yang digunakan yaitu Bangun Ruang Sisi Lengkung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang dilakukan oleh penulis dan juga seorang guru pamong, yaitu guru matematika kelas VIII1. Observasi dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dengan rincian satu kali tanpa penerapan dan tiga kali dengan penerapan teori belajar Skinner dengan penerapan model kompetisi. Setelah data diperoleh kemudian peneliti mengolah data dengan menggunakan SPSS. Disamping lembar observasi, penulis juga menggunakan perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar soal. Dokumentasi dilaksanakan untuk mengetahui keadaan sekolah. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi setelah diterapkan strategi belajar dengan teori Skinner dengan penerapan model kompetisi. Dari analisis data tindakan yang dilakukan dengan strategi belajar teori Skinner dengan penerapan model kompetisi diperoleh nilai Test “t” = 2,928 yang berarti lebih besar dari harga kritik Test “t” baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%, dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa strategi belajar teori Skinner dengan penerapan model kompetisi dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peranap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:21
Last Modified: 15 Jan 2016 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item View Item