UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA MENULIS MELALUI MEDIA TIGA DIMENSI PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS D.III SLB NEGERI BANGKINANG

Mastur, Mastur (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA MENULIS MELALUI MEDIA TIGA DIMENSI PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS D.III SLB NEGERI BANGKINANG. Project Report. SLB Negeri Bangkinang Kota, Bangkinang.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih belum bisanya anak tunagrahita sedang kelas D.III melakukan kegiatan pra menulis, sehingga hasil tulisan menjadi tebal, kasar dan tidak beraturan. Dari hasil observasi terlihat anak dalam menulis pensil ditekan agak kuat yang terkadang berjejak ke belakang kertas. Oleh sebab itu pada penelitian ini digunakan media tiga dimensi untuk meningkatkan kemampuan pra menulis anak tunagrahita sedang kelas D.III di SLB Negeri Bangkinang. Penelitian ini menggunakan jenis tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat. Subjek penelitian yaitu dua anak tunagrahita sedang kelas D.III (NV dan RT). Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Siklus I dilakukan 10 kali pertemuan dan siklus II dilakukan empat kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran meningkatkan kemampuan pra menulis melalui media tiga dimensi ini dilakukan secara bertahap. Anak dilatih motorik halusnya, menggunakan pensil dari yang berukuran besar sampai berukuran standar pada umumnya, yang akhirnya bisa menulis dengan baik, benar dan jelas. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil tes awal (asesmen) kemampuan NV (28.95%) dan RT hanya (23.68%) dari 19 langkah yang ditetapkan. Siklus I kemampuan NV sebesar (84.21%) dan RT sebesar (76.32%). Sedangkan siklus II bertambah meningkat, dimana NV memperoleh (97,37% ) dan RT (94.74%). Dari hasil penyajian data dapat disimpulkan bahwa media tiga dimensi dapat meningkatkan kemampuan pra menulis anak tunagrahita sedang, maka disarankan kepada guru agar dapat menerapkan media tiga dimensi dalam meningkatkan kemampuan pra menulis anak tunagrahita sedang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:40
Last Modified: 17 Jul 2017 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10408

Actions (login required)

View Item View Item