PENERAPAN PEMBELAJARAN STRATEGI FIRE-UP DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII MTs DUSLI KELAYANG KECAMATAN RAKIT KULIM KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Jam’an, (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN STRATEGI FIRE-UP DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII MTs DUSLI KELAYANG KECAMATAN RAKIT KULIM KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201155.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Dusli Kelayang Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu melalui Penerapan Pembelajaran Strategi Fire-Up dengan pendekatan Struktural TAI. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, yaitu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran dikelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik- praktik pembelajaran dikelas secara lebih profesional. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII MTs Dusli Kelayang Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Pokok bahasan yang digunakan yaitu Garis dan Sudut. Instrumen yang digunakan dalam Penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh penulis sendiri. Observasi dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan rincian 1 kali tanpa tindakan dan 3 kali dengan tindakan, yaitu penerapan Pembelajaran Strategi Pembelajaran Fire-Up. Dengan pendekatn structural TAI Dokumentasi dilukan untuk megetahui data Sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan dengan ketuntasan klasikal 47,619%, sedangkan ketuntasan klasikal setelah tindakan pada setiap siklus nya yaitu: siklus I = 52,380%, siklus II = 66,666%, dan siklus III = 85,714% Berdasarkan hasil penelitian dari hasil tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan Pembelajaran Strategi Fire-Up dengan pendekatan Struktural Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Dusli Kelayang Kecamatan Rakit Kabupaten Indragiri Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:20
Last Modified: 15 Jan 2016 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item