Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS V MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL INTERAKSI DI SEKOLAH DASAR 011 LANGGINI BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

Rasydah (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID KELAS V MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL INTERAKSI DI SEKOLAH DASAR 011 LANGGINI BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011220.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran interaksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah membiasakan prilaku terpuji sebelum tindakan, pada Siklus I dan Siklus II, Tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalm penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Kemudian data dalam penelitian ini diolah menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh Anas Sudijono, yaitu: P = F x 100% N Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai persentase 36,7% dengan kategori “rendah” karena kurang dari 40%. Pada siklus I meningkat dengan persentase 61,4% dalam kategori “tinggi” karena berada pada rentang 56% - 75% Sedangkan pada Siklus II kemampuan siswa dalam membiasakan prilaku terpuji meningkat dengan cukup memuaskan dengan persentase 77,2% dengan kategori “sangat tinggi” karena berada pada rentang 76% - 100%. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi Model pembelajaran Interaksi/interaktif dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di kelas V SDN 011 Langgini Bangkinang Kabupaten Kampar, dapat “diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:54
Last Modified: 22 Dec 2015 04:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item