MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN TEKNIK MASTER Plan DI KELAS VII MTs NEGERI BUKIT BATU KABUPATEN BENGAKALIS

Rieka Anita, (2011) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN TEKNIK MASTER Plan DI KELAS VII MTs NEGERI BUKIT BATU KABUPATEN BENGAKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201132.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Bukit Batu Kabupaten Bengkalis setelah diterapkan Teknik MASTER Plan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan Teknik MASTER Plan meningkat di kelas VII MTs Negeri Bukit Batu kabupaten Bengkalis pada pokok bahasan Bangun Datar?”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama-sama. Dalam penelitian ini, terdapat 4 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan (planning), implementasi (implementation), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Bukit Batu yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah Teknik MASTER Plan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi belajar matematika, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan ada empat kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Teknik MASTER Plan dan tiga pertemuan lagi menerapkan Teknik MASTER Plan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa maka data tersebut dianalisis dengan membandingkan persentase ketercapaian indikator motivasi belajar siswa sebelum penerapan dengan sesudah penerapan Teknik MASTER Plan. Dari hasil tersebut, dapat diketahui apakah terjadi peningkatan motivasi atau tidak dari setiap siklus yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data dari perbandingan tersebut, diambil kesimpulan yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Negeri Bukit Batu Kabupaten Bengkalis melalui penerapan Teknik MASTER Plan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:15
Last Modified: 15 Jan 2016 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1038

Actions (login required)

View Item View Item