KUNJUNGAN KELAS KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SEKECAMATAN KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR

Irwanto, (2012) KUNJUNGAN KELAS KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SEKECAMATAN KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013209KI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kunjungan kelas kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pengajaran di sekolah menengah pertama Negeri Sekecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir dan faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan kelas kepala sekolah tersebut. Masalah dalam penelitian ini para kepala sekolah hanya sedikit melaksanakan aktivitas yang berkaitan perbaikan program pengajaran sekolah. Dalam hal ini para kepala sekolah hanya menekankan pada tanggung jawab administratif guru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan subjek utama yaitu kepala Sekolah SMPN Sekecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 3 orang kepala sekolah dan 69 guru . Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kunjungan kelas kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pengajaran. Populasi penelitian adalah 3 orang kepala sekolah dan 69 orang guru jadi jumlah keseluruhannya 72 orang. Karena populasi tergolong kecil, maka penulis menggunakan total sampling. Untuk mengumpulkan data tentang kunjungan kelas kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pengajaran, penulis menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisis data, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. Kunjungan kelas kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pengajaran tergolong sangat efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir pengolahan data dari lapangan yang menunjukkan bahwa persentase yang diperoleh sebesar 87,88% yang berada pada rentang 80-100 %. Sangat efektifnya kunjungan kelas kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pengajaran tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: (a) Latar belakang pendidikan kepala sekolah yang rata-rata tamatan SI dan 1 orang S2 (b) Pengalaman lamanya menjabat sebagai kepala sekolah (c) Keterampilan dan manajemen waktu (d) Lingkungan dan kondisi sekolah yang 80% mendukung dengan program kepala sekolah (e) Faktor dari guru , terasanyaman dengan perbaikan pengajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 07:04
Last Modified: 04 Feb 2017 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

View Item View Item