Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KORELASI ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PERKEMBANGAN HUBUNGAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR

Reni Muliati (2012) KORELASI ANTARA KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PERKEMBANGAN HUBUNGAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013207KI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Selain makhluk individu manusia juga merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Antara kehidupan pribadi dan kehidupan sosial tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Karna setiap manusia senantiasa berhubungan dengan manusia lain dalam kehidupan bermasyarakat. Siswa merupakan bagian dari masyarakat yang juga dituntut dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain di lingkungan dimana siswa berinteraksi. Lingkungan yang dimaksud adalah sekolah. Karna hampir sebagian waktu siswa digunakan untuk berinteraksi di sekolah. Hubungan sosial manusia berbeda-beda termasuk juga hubungan sosial siswa di sekolah. Salah satu upaya untuk mengembangkan hubungan sosial siswa dapat dilakukan dengan mengadakan kegiatan layanan konseling kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keaktifan siswa mengikuti layanan konselingkelompok di SMP Negeri 1 Kampar. (2) Hubungan sosial siswa di SMP Negeri 1 Kampar. (3) Korelasi antara keaktifan mengikuti layanan konseling kelompok dengan perkembangan hubungan sosial siswa SMP Negeri 1 Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keaktifan siswa mengikuti layanan konseling kelompok, (2) bagaimana hubungan sosial siswa dan (3) apakah ada hubungan yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan konseling kelompok dengan perkembangan hubungan sosial siswa SMP Negeri 1Kampar. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui tujuan 1 dan 2 dianalisis secara deskriptif kualitatif persentase, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara keaktifan mengikuti layanan konseling kelompok dengan perkembangan hubungan sosial siswa di SMP Negeri 1 Kampar dianalisis secara statistik dengan teknik korelasi product moment. Setelah data yang diperoleh di lapangan dianalisis, maka disimpulkan bahwa: 1. Keaktifan siswa mengikuti layanan konseling kelompok di SMP Negeri 1 Kampar tergolong cukup aktif. Hasil ini didapat berdasarkan persentase jawaban angket sebesar 78.125%. 2. Hubungan sosial siswa di SMP Negeri 1 Kampar tergolong cukup baik. Hasil ini didapat berdasarkan persentase jawaban angket sebesar 71.875% 3. Terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan konseling kelompok dengan Perkembangan hubungan sosial siswa di SMP Negeri 1 Kampar. Hal ini dapat dilihat dari angka korelasi product moment sebesar 0,656, angka ini jauh lebih besar dari angka “r” tabel taraf 1% yaitu 0,449.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 07:03
Last Modified: 04 Feb 2017 07:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item