Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI PENGARUH PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 KOTA PEKANBARU

Yahya (2012) PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI PENGARUH PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013205KI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pembimbing dalam mengatasi pengaruh penggunaan jejaring sosial pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian adalah guru pembimbing, objek penelitian adalah peran guru pembimbing dalam mengatasi pengaruh penggunaan jejaring sosial. Jenis penelitian ini deskriftif kualitatif, untuk pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara dan observasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi data yaitu menguraikan kembali data yang dikumpulkan dalam bentuk narasi atau kalimat -kalimat. Adapun cara mengukur dan menarik kesimpulan dari indikator penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru pembimbing dalam mengatasi pengaruh penggunaan jejaring sosial pada siswa di Sekolah Me nengah Pertama Negeri 4 Pekanbaru yaitu memberikan pemahaman terhadap siswa tentang pengaruh penggunaan jejaring sosial melalui layanan informasi, melakukan pencegahan terhadap dampak jejaring sosial, melakukan pengentasan masalah penggunaan jejaring sosial, dan melakukan pemeliharaan dan pengembangan dari penggunaan jejaring sosial yang berdampak positif. Sementara faktor yang mempengaruhi peran guru pembimbing dalam mengatasi pengaruh penggunaan jejaring sosial pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pekanbaru terdiri intern dan faktor ekstern. Adapun faktor intern tersebut adalah latar belakang pendidikan, intensitas pemberian pemahaman dan kemampuan guru pembibing dalam mengakses teknologi internet, sementara untuk faktor ekstern yang mempengaruhi peran guru pembimbing adalah sarana dan fasilitas yang diberikan sekolah, waktu yang disediakan, dukungan pihak sekolah, kejasama staf sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 07:00
Last Modified: 04 Feb 2017 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item View Item