Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENGATASI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMPN 20 PEKANBARU

Petro Angriawan (2012) LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENGATASI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMPN 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013204KI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk perilaku agresif, (2) penyebab perilaku agresif, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung layanan konseling individual dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 20 Pekanbaru (3) layanan konseling individual dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing yang berjumlah lima orang, sedangkan objeknya adalah layanan konseling individual dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dari observasi akan dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif, dan wawancara dianalisis secara deskriptif dengan kata-kata, untuk menjalaskan hasil dari wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) bentuk-bentuk perilaku agresif yang sering ditampilkan siswa adalah mencarut, memukul, mencela, bersorak-sorak, menendang, menggangu teman, mengajak berkelahi, (2) faktorfaktor yang menyebabkan perilaku agresif adalah faktor biologis, faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor budaya, (3) faktor penghambatnya adalah siswa yang belum terbuka, fasilitas yang kurang memadai, kurangnya kerjasama orang tua dengan guru pembimbing, sedangkan faktor pendukung Kepala Sekolah, guru bidang studi, TU dan wali kelas, (4) hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling individual dalam mengatasi perilaku agresif siswa di SMP Negeri 20 Pekanbaru, dari analisis data tersebut tergolong kurang maksimal dengan persentase 67,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 06:59
Last Modified: 04 Feb 2017 06:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10355

Actions (login required)

View Item View Item