Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMAHAMAN PERSONEL SEKOLAH TENTANG PROFESI GURU BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AL-HUDA PEKANBARU

Yuyun Muliani (2012) PEMAHAMAN PERSONEL SEKOLAH TENTANG PROFESI GURU BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AL-HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013147KI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pemahaman personel sekolah tentang profesi guru bimbingan konseling (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman personel sekolah tentang profesi guru bimbingan konseling. Dari pengamatan awal dilapangan, peneliti menemukan gejala-gejala sebagai berikut : 1) SMA Al-Huda Pekanbaru, hanya memiliki satu orang guru bimbingan konseling dari 348 siswa. 2) Guru bimbingan konseling di SMA AlHuda Pekanbaru juga mengajar mata pelajaran lain, yaitu mata pelajaran geografi. 3) Guru bimbingan konseling di SMA Al-Huda Pekanbaru, tidak berlatar belakangkan pendidikan bimbingan dan konseling, tetapi berlatar belakang antropologi. 4) SMA Al-Huda Pekanbaru, tidak mempunyai ruang khusus bimbingan konseling. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah profesi guru bimbingan konseling, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pemahaman personel sekolah di SMA Al-Huda Pekanbaru, yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran dan tata usaha, yang berjumlah 32 orang. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik angket, observasi dokumentasi dan wawancara. Data wawancara dan observasi dokumentasi dianalisis dengan kualitatif dan angket dianalisa dengan teknik kuantitatif yang kemudian disimpulkan secara diskriftif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman personel sekolah tentang profesi guru bimbingan konseling secara keseluruhan tergolong pada kategori “baik”, dengan persentase 62,5 %, yang berkisar antara 61 % - 80%. Meliputi : sangat baik (15,6 %), baik (62,5 %), Cukup (21,9 %), tidak baik (0 %), sangat tidak baik (0 %). Faktor – faktor yang mempengaruhi pemahaman personel tentang profesi guru bimbingan konseling adalah a) kepribadian guru bimbingan konseling yang baik, b) hubungan sosial guru bimbingan konseling yang baik, c) sarana pra sarana, d) pengalaman masa lampau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 06:55
Last Modified: 04 Feb 2017 06:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10352

Actions (login required)

View Item View Item