UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI RECONNECTING SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Sri Maryanti, (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI RECONNECTING SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201126.pdf

Download (825kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil pengamatan di MTs Negeri Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, ditemui beberapa gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar khususnya pada pelajaran matematika, seperti kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, siswa cepat bosan dalam belajar sehingga sering melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran. Hal ini menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah. Untuk meningkatkan motivasi motivasi belajar siswa maka pada penelitian ini diterapkan pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting. Pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting adalah model pembelajaran yang membuat siswa aktif sejak awal melalui aktivitas-aktivitas yang membangun kerja kelompok dan membuat mereka berpikir tentang materi pelajaran, reconnecting digunakan untuk mengembalikan perhatian anak didik setelah beberapa saat tidak melakukan aktivitas tersebut dan dapat meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, pada siklus I terlihat bahwa persentase motivasi siswa sebesar 63%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 82,2% dikategorikan motivasi belajar siswa tergolong tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam pelajaran matematika melalui pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:13
Last Modified: 15 Jan 2016 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item View Item