Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEORI CLIENT CENTERED DALAM KONSELING (Studi Kasus terhadap Pelayanan Konseling Individual di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru)

Boharudin (2012) PENERAPAN TEORI CLIENT CENTERED DALAM KONSELING (Studi Kasus terhadap Pelayanan Konseling Individual di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013142KI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mengetahuai penerapan teori Client Centered dalam konseling individual oleh guru pembimbing dengan sub fokus penelitian ini adalah: latar belakang pendidikan guru pembimbing, pengalaman kerja, proses rekrutmen guru pembimbing, memahami siswa dan konselor dalam perspektif Client Centered, Peran konselor dalam Client Centered, proses konseling individual, penerapan azas kerahasiaan dalam konseling, tindak lanjut layanan konseling individual, penerapan Client Centered dalam konseling individual, hambatan penerapan Client Centered dalam konseling individual, strategi mengatasi hambatan, kerjasama dengan berbagai pihak. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah: wawancara mendalam dan observasi. Dalam pengelolaan data penulis menggunakan teknik triangulasi data, sedangkan untuk mengetahui tingkat kebenaran data peneliti menggunakan teknik analisis Cohen Kappa (AICK). Hasil penelitian menunjukan bahwa: tidak semua guru pembimbing berlatar belakang pendidikan dari jurusan bimbingan konseling sehingga kurang mencerminkan konseling sebagaimana mestinya melainkan pragmatik. Kurang mahirnya dalam mengkolaborasikan teori sebagai akibat munculnya pengalaman kerja tersendiri bagi guru pembimbing baik dianggap sebagai polisi sekolah yang menghakimi sampai kepada rasa berjuang. Guru pembimbing belum memahami teori Client Centered secara teoritis di buku melainkan makna dari teori Client Centered seperti lemah lembut, menerima siswa tanpa syarat. Secara umum guru pembimbing sudah menerapkan teori Client Centered dalam konseling individual. Hambatan yang muncul lebih dikarenakan oleh siswa yang instropet dan gangguan dari luar seperti guru ikut campur, situasi konseling yang kurang kondusif, hingga ruangan konseling yang kurang mendukung. Strategi yang digunakan untuk mengatasi hambatan dengan pendekatan dari luar yakni dengan menunggu kesadaran dari orang diluar guru pembimbing dan siswa bahkan teknik kedip mata dilakukan oleh guru pembimbing dalam mengatasi hambatan ketika dalam konseling. Kerjasama yang diciptakan oleh guru pembimbing dengan guru bidang studi, wali kelas, kepala sekolah dan orang tua sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 06:51
Last Modified: 04 Feb 2017 06:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10349

Actions (login required)

View Item View Item