HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BIDANG BIMBINGAN KEBERAGAMAAN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XII SMK NEGERI I SELAT PANJANG

Siti Salamah (2012) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN SISWA MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BIDANG BIMBINGAN KEBERAGAMAAN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS XII SMK NEGERI I SELAT PANJANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201334KI.pdf

Download (719kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara keaktifan siswa mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan keberagamaan dengan kecerdasan spiritual siswa kelas XII SMK Negeri I Selat Panjang. Subjek penelitian 24 orang siswa.Objek penelitian ini hubungan antara keaktifan siswa mngikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan keberagamaan dengan kecerdasan spiritual siswa kelas XII SMK negeri I Selat Panjang.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan data yang dikumpulkan dianalisis dengan dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan anatara keaktifan siswa meengikuti layanan bimbingan kelompok siswa kelas XII di SMK Negeri I Selat Panjang yang berada dalam kategori aktif sebesar 69,3%. Kecerdasan spiritual siswa kelas XII di SMK Negeri I Selat Panjang dalam kategori tinggi sebesar 75,5%. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,394.r tabel pada taraf signifikan5% = 0,361 dan pada taraf 1% = 0,463. dari keseluruhan data yang dianalisis dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan keberagamaan dengan kecerdasan spiritual siswa kelas XII SMK Negeri I Selat Panjang.Tidak adanya korelasi yang signifikan tersebut diperkirakan karena topik layanan bimbingan kelompok yang diselenggarakan tidak banyak mengenai agama dan kecerdasan spiritual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 04:10
Last Modified: 04 Feb 2017 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10345

Actions (login required)

View Item View Item