Robiatul Adawiyah (2012) SIKAP SISWA TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201310KI.pdf Download (613kB) | Preview |
Abstract
Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru adalah sekolah yang mempunyai tiga guru pembimbing yang telah ditugaskan melaksanakan bimbingan dan konseling. Salah satu jenis layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan adalah layanan penempatan dan penyaluran. Penempatan dan penyaluran adalah usaha-usaha membantu siswa merencanakan masa depannya selama masih di sekolah dan sesudah tamat, memilih program studi lanjutan sebagai persiapan untuk kelak memangku jabatan tertentu. Untuk itu penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana Sikap Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Penempatan dan Penyaluran di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran di sekolah menengah atas negeri 12 pekanbaru, dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi sikap siswa terhadap layanan penempatan dan penyaluran. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran adalah angket. Sedangkan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa sulit menerima layanan penempatan dan penyaluran adalah wawancara kepada ketiga guru pembimbing di sekolah. Setelah data terkumpul dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini menemukan bahwa sikap siswa terhadap pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran dikatakan setuju” 65,58%. Setelah diolah menggunakan rumus, jadi dapat digolongkan bahwa Sikap Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Penempatan dan Penyaluran di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru “ Sangat Setuju( Positif)” yaitu dengan skor 65,58%. Adapun faktor faktor yang mempengaruhi sikap siswa terhadap layanan penempatan dan penyaluran di sekolah menengah atas negeri 12 pekanbaru adalah: dapat memberi motivasi, guru pembimbing bersikap terbuka, guru pembimbing sangat memahami kondisi siswa dan adanya kerja sama orang tua siswa dengan guru pembimbing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 04:06 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 04:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10343 |
Actions (login required)
View Item |