IMPLEMENTASI PERAN KOMITE MADRASAH SEBAGAI PEMBERI PERTIMBANGAN (ADVISORY AGENCY) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LIPAT KAIN KABUPATEN KAMPAR

Susmaini Lestari, (2012) IMPLEMENTASI PERAN KOMITE MADRASAH SEBAGAI PEMBERI PERTIMBANGAN (ADVISORY AGENCY) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LIPAT KAIN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012956.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Komite Sekolah atau Madrasah merupakan suatu badan yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Badan ini bersifat mandiri, tidak mempunyai hubungan hirarki dengan sekolah maupun lembaga pemerintah lainnya. Peran komite madrasah pada tahap awal pembentukannya disambut dengan sangat positif oleh sebagain besar masyarakat, dengan harapan yang tinggi pula. Sebab komite sekolah atau madrasah berperan 1) sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) yakni memberikan pertimbagan dalam menentukan dan melaksanakan kebijakan pendidikan di satuan pendidikan, 2) Pendukung (Supporting agency), 3) Pengontrol (controlling agency), dan 4) sebagai mediator antara pemeritah (eksekutif) dengan masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya atau implementasinya pada sebagian satuan pendidikan masih terdapat kekurangan dan belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi peran komite sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Lipat Kain dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi peran tersebut. Subjek penelitian adalah pengurus komite MTs Negeri Lipat Kain sedangkan objek penelitian adalah implementasi atau pelaksanaan peran komite sebagai pemberi pertimbangan kepada pihak madrasah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus komite MTs Negeri Lipat Kain yang berjumlah 32 orang. Karena populasi tidak begitu besar maka penulis menggunakan total sampling, yaitu seluruh populasi diteliti. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa 1) Implementasi peran komite madrasah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) di MTs Negeri Lipat Kain kabupaten Kampar tergolong cukup optimal. Secara persentase, implementasi peran komite tersebut 73,86%. 2) Faktor-faktor yang mendukung implementasi peran komite madrasah sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency) di MTs Negeri Lipat Kain kabupaten Kampar antara lain a. faktor pendidikan, bahwa sebagai besar pengurus komite berpendidikan sarjana dan SLTA. b. Faktor ekonomi yang mencukupi, dan c. Faktor adanya kesempatan untuk melaksanakan perannya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan tentang peran pengurus komite sekolah/madrasah di kalangan pengurus komite MTs Negeri Lipat Kain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 04:03
Last Modified: 04 Feb 2017 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item