UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENCEGAH PERILAKU SEKS PRANIKAH SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 SIAK

Zuli Afrida Wati, (2012) UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENCEGAH PERILAKU SEKS PRANIKAH SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012927.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bentuk-bentuk perilaku seks pranikah siswa, (2) mengetahui upaya guru pembimbing dalam mencegah perilaku seks pranikah siswa, dan (3) faktor penghambat dan pendukung upaya guru pembimbing dalam mencegah perilaku seks pranikah siswa. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 4 Siak. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah dua orang guru pembimbing dan tidak memakai sampel karena jumlahnya sedikit. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil wawancara dan dokumentasi dianalisis dengan naratif. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa bentuk-bentuk perilaku seks pranikah siswa yaitu berpegangan tangan, berkencan, berciuman, berpelukan, bercumbu, dan melakukan kontak seksual. Upaya guru pembimbing dalam mencegah perilaku seks pranikah siswa yaitu memasukan materi berhubungan dengan pencegahan perilaku seks pranikah kedalam layanan BK, memberikan layanan untuk mencegah perilaku seks pranikah seperti layanan informasi, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok dan layanan konsultasi dengan orang tua. Upaya Guru Pembimbing lainnya adalah bekerja sama dengan teman seprofesi yaitu guru mata pelajan, melakukan kegiatan khusus seperti membentuk PIKRR (Pusat Informasi Konseling Reproduksi Remaja), melakukan tindak lanjut kepada siswa yang melakukan perilaku seks pranikah, mengembangkan keilmuan profesionalitas seperti mengikuti pelatihan dan seminar profesi konselor. Temuan mengenai faktor yang menghambat upaya guru pembimbing dalam mencegah perilaku seks pranikah siswa yaitu siswa yang sulit terbuka, kurangnya pendidikan siswa tentang seks, orang tua yang tidak bekerja sama dan menganggap siswa itu sepenuhnya tanggung jawab pihak sekolah. Faktor penghambat lainnya adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan anaknya, kurangnya ketegasan dari peraturan yang ada disekolah dan sangsi-sangsi yang ada tidak diperlakukan bagi siswa yang orang tuanya perperan di sekolah. Faktor yang mendukung upaya guru pembimbing dalam mencegah perilaku seks pranikah yaitu pemberian materi kepada siswa secara berkala, kerjasama seluruh staf sekolah seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bidang studi dan tata usaha, sosialisasi dari anggota PIKRR (Pusat Informasi Konseling Reproduksi Remaja). Faktor pendukung lainnya adalah tersedianya forum organisasi untuk siswa disekolah seperti osis, pramuka, konseling teman sebaya, PKS (polisi keamanan sekolah), PMR, Tersedianya ekskul (ekstrakulikuler) di sekolah seperti musik tradisional, nasyid, tari, basket, sepak bola dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:51
Last Modified: 04 Feb 2017 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item