Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU

Fadliati (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AR-RAHMAN KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201115.pdf

Download (946kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya melalui Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Strategi CTL. Beberapa masalah yang terjadi pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar– Rahman Kecamatan Tenayan Raya yaitu (1) setiap diberikan tugas hanya sebagian kecil (25%) siswa yang benar-benar paham dan benar dalam menyelesaikan tugas yang di kerjakan, (2) Setiap kali diadakan kuis diakhiri pelajaran hanya sebagian kecil (30%) siswa yang mencapai hasil lebih dari standar rata-rata. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Strategi CTL di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar–Rahman Kecamatan Tenayan Raya Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleki. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah dengan persentase ketercapaian KKMnya 47,62%, sedangkan hasil belajar setelah tindakan (ulangan siklus II) adalah 90,48%, dengan kategori keberhasilan 100% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai nilai keberhasilan yang telah ditetapkan (minimal 75%). Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa melalui Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Strategi CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:02
Last Modified: 15 Jan 2016 03:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item