PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Pendi, (2012) PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012823.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Sekolah tidak akan lengkap tanpa didukung oleh kegiatan ekstrakurikuler, namun perhatian sekolah-sekolah masih terlihat kurang serius, hal ini terlihat dari kurangnya dukungan yang memadai baik dari segi dana, perencanaan, dan pelaksanaan, serta perannya sebagai bagian dari evaluasi keberhasilan siswa. Padahal dikalangan siswa, banyak proses aktualisasi potensi siswa yang terjadi melalui kegiatan ekstrakurikuler. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dari kegiatan ekstrakurikuler ini tentunya tidak lepas dari peran kepala sekolah dalam menjalankan salah satu dari fungsi kepemimpinannya yaitu pengawasan terhadap instansi yang dipimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengawasan kepala sekolah terhadap kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dan apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam melakukan pengawasan”? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru, keadaan sarana dan prasarana sekolah dan analisis jawaban responden. Berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti menggunakan analisis deskriftip kualitatif, yang menjelaskan secara naratif, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengawasan yang dilakukan kepala sekolah terhadap kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Tapung masih kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:28
Last Modified: 04 Feb 2017 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item View Item