HUBUNGAN INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MAYANG PONGKAI

Hidayatullah, (2012) HUBUNGAN INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MAYANG PONGKAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012812.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan interpersonal antara kepala sekolah dan guru dalam penyelenggaraan pendidikan di SMPS LPM Desa Mayang Pongkai dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hubungan interpersonal antara kepala sekolah dan guru dalam penyelenggaraan pendidikan di SMPS LPM Desa Mayang Pongkai. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru sebagai responden (orang yang memberikan tanggapan), di SMPS LPM Desa Mayang Pongkai. Sedangkan objeknya adalah hubungan interpersonal kepala sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di SMPS LPM Desa Mayang Pongkai. Adapun populasi dari penelitian berjumlah 11 orang. Dan karena jumlah populasinya kecil, maka peneliti tidak melakukan penarikan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada kepala sekolah untuk memperoleh data tentang hubungan interpersonal kepala sekolah dan guru serta fakor-faktor yang mempengaruhinya, angket untuk responden silang dan observasi untuk mengambil data yang diperlukan. Berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan dan setelah dilakukan analisis data, maka diperoleh hasil penelitian bahwa hubungan interpersonal antara kepala sekolah dan guru di SMPS LPM Desa Mayang Pongkai berjalan kurang baik, dengan persentase: 50% dari hasil observasi, dan 63,63% dari hasil wawancara. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan interpersonal kepala sekolah dan guru di SMPS LPM Desa Mayang Pongkai adalah: (1)Kepala sekolah tidak setiap hari hadir di sekolah, sementara pekerjaan sekolah yang harus dikerjakan sangat banyak. (2)Kepala sekolah juga bertugas di sekolah lain. (3)Latar belakang pendidikan kepala sekolah yang sebenarnya tidak relevan dengan jabatannya sebagai kepala sekolah. Kepala sekolah yang sekarang menjabat di SMPS LPM Desa Mayang Pongkai adalah S1 Jurusan Pendidikan Olahraga. (4)Jarangnya terjadi komunikasi langsung antar pribadi antara kepala sekolah dan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:08
Last Modified: 04 Feb 2017 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item