Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEER LESSON (BELAJAR DARI TEMAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 12 TANJUNG PINANG

Hermanto (2010) PENERAPAN STRATEGI PEER LESSON (BELAJAR DARI TEMAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 12 TANJUNG PINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011139.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi peer lesson (belajar dari teman) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 12 Tanjungpinang. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan strategi peer lesson (belajar dari teman) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 12 Tanjungpinang pada pokok bahasan Segiempat?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 12 Tanjungpinang yang berjumlah 44 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari hasil belajar matematika, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 44 siswa yaitu 16 siswa tuntas dan 28 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 36,36%. Sedangkan hasil tes hasil belajar matematika dengan penerapan strategi peer lesson (belajar dari teman) pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual 39 siswa tuntas dan 5 siswa belum tuntas, rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 88,64 %. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi peer lesson (belajar dari teman) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 12 Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:58
Last Modified: 15 Jan 2016 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item