PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI MELALUI STRATEGI PREDICTION GUIDE PADA MURID KELAS III SD NEGERI 005 BUKIT JAYA KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN

Paridawati, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI MELALUI STRATEGI PREDICTION GUIDE PADA MURID KELAS III SD NEGERI 005 BUKIT JAYA KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011216.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui strategi Prediction Guide dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang materi percaya diri murid kelas III SD negeri 005 Bukit Jaya Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan?. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi Prediction Guide. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri 005 Bukit Jaya Kecamatan UKUI. Adapun waktu penelitian ini bulan Juli sampai selesai. Mata pelajaran yang diteliti adalah Pendidikan Agama Islam. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran peneltian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1. Perencanaan/persiapan tindakan, 2. Pelaksanaan tindakan, 3. Observasi, dan Refleksi. Berhasilnya strategi Prediction Guide pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 57,0% dengan kategori sedang. Pada siklus I hasil belajar siswa telah mencapai 63,5%, pada siklus II hasil belajar siswa mencapai cukup memuaskan dengan mencapai 73,0%. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui strategi Prediction Guide dapat dikatakan berhasil dengan ketuntasan individual maupun kelompok mencapai 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 22 Dec 2015 04:50
Last Modified: 22 Dec 2015 04:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item