Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Syafri Yandika (2012) PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012723.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Kompensasi yang diterima guru pegawai negeri sipil berbeda-beda tergantung dari pekerjaan, jabatan dan golongan mereka. Kompensasi yang diberikan kepada guru pegawai negeri sipil diharapkan dapat meningkatkan komitmen mereka terhadap sekolah. Komitmen itu dapat dilihat dari keterikatan mereka kepada sekolah, usaha yang maksimal dalam memajukan sekolah dan loyalitas terhadap sekolah sebagai organisasi atau lembaga tempat dimana dia bekerja. Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung ditemukan gejala ada sebagian guru yang menunjukkan perilaku kurang komit atau memiliki komitmen yang rendah terhadap sekolah. Setiap orang bekerja karena ingin mendapatkan kompensasi, begitu juga dengan guru, mereka mengajar juga ingin mendapatkan gaji demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompensasi yang diterima guru pegawai negeri sipil di Sekolah menengah Atas Negeri 2 Tapung? Bagaimana Komitmen guru pegawai negeri sipil di Sekolah Menengah Negeri 2 Tapung? Bagaimana pengaruh kompensasi terhadap komitmen pegawai negeri sipil di sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan subjek utama yaitu guru pegawai negeri sipil sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Komitmen yang dipengaruhi oleh pemberian kompensasi. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Populasi penelitian adalah seluruh guru pegawai negeri sipil yang berjumlah 30 orang. Karena populasi tergolong kecil, maka penulis menggunakan total sampling. Untuk mengumpulkan data tentang kompensasi dan komitmen penulis menggunakan angket. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Berdasarkan penyajian dan analisis data, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Kompensasi yang diterima oleh guru pegawai negeri sipil berada dalam kategori sedang yakni sebesar 66.667%. 2. Komitmen guru pegawai negeri sipil juga berada dalam kategori sedang yakni sebesar 88.333%. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi dengan komitmen guru pegawai negeri sipil di SMAN 2 Tapung dengan koefisien determinasi sebesar 37.7 %, dan 62.3% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 30 Dec 2016 09:19
Last Modified: 30 Dec 2016 09:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10299

Actions (login required)

View Item View Item