Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SIKAP SISWA KELAS VII TERHADAP LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 27 PEKANBARU

Dona Erika (2012) SIKAP SISWA KELAS VII TERHADAP LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 27 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012685.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran, salah satu komponen yang amat menentukan keberhasilan belajar siswa adalah sikap siswa itu sendiri terhadap proses pembelajaran atau layananan yang diberikan. Apabila siswa bersikap positif, maka kemungkinan besar tujuan pembelajaran atau tujuan layanan akan tercapai dengan baik, sebaliknya jika siswa bersikap negatif maka kemungkinan besar tujuan pembelajaran atau tujuan layanan tidak akan tercapai secara optimal. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 27 Pekanbaru merupakan salah satu SMP yang ada di Kota Pekanbaru yang telah melaksanakan program Bimbingan Konseling sebagai bagian integral dalam seluruh proses pembelajaran. Jumlah guru BK di sini 5 orang dengan latar belakang pendidikan yang bebeda. Guru BK telah melaksanakan berbagai kegiatan bimbingan dan layanan, salah satu layanan yang dilaksanakan adalah layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar, dengan tujuan agar siswa mampu mengoptimalkan potensi belajar yang ada pada diri mereka. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (a) sikap siswa kelas VII SMP Negeri 27 Pekanbaru terhadap layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar (b) faktor-faktor yang mempengaruhi sikap siswa kelas VII terhadap layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar di SMP Negeri 27 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah sikap terhadap layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 27 Pekanbaru yang berjumlah 180 orang. Karena populasi cukup besar maka penulis mengadakan penarikan sampel sebesar 50% dengan teknik proportional random sampling yakni 90 orang. Untuk mengumpulkan data tentang sikap siswa kelas VII terhadap layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar penulis menggunakan angket, sedangkan untuk mengumpulkan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sikap siswa kelas VII terhadap layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar penulis menggunakan teknik wawancara dengan tiga orang guru pembimbing. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan presentase, maka dapat disimpulkan bahwa sikap siswa kelas VII SMP Negeri 27 Pekanbaru tergolong positif dengan persentase sebesar 84,027%. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap siswa kelas VII terhadap layanan penguasaan konten dalam bidang bimbingan belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Pekanbaru adalah (a) latar belakang pendidikan guru pembimbing yang mendukung yakni S1 jurusan Bimbingan Konseling, (b) pengetahuan guru pembimbing yang cukup luas untuk melakukan tugasnya sebagai guru pembimbing, (c) pengalaman guru menjadi guru pembimbing yang cukup memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 30 Dec 2016 09:15
Last Modified: 30 Dec 2016 09:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item