Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN GURU PEMBIMBING DAN MOTIVASI MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP N 1 KAMPAR

Salma Patmawati (2012) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN GURU PEMBIMBING DAN MOTIVASI MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP N 1 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012656.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Persepsi siswa tentang peran guru pembimbing di SMP N I Kampar, (2) Motivasi siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling di SMP N I kampar, dan (3) Hubungan persepsi tentang peran guru pembimbing dan motivasi mengikuti layanan bimbingan dan konseling di SMP N I Kampar. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N I Kampar yang berjumlah 280 orang siswa dan objek penelitian ini adalah Hubungan persepsi tentang peran guru pembimbing dan motivasi mengikuti layanan bimbingan dan konseling di SMP N I Kampar. Dari jumlah populasi yang ada maka peneliti menggunakan metode sampel acak (random sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumenter. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik analisis korelasi koefisien kontingensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa tentang peran guru pembimbing yang berada dalam kategori baik sebesar 15.71%, cukup baik sebesar 67.14%, dan kurang baik sebesar 17.14%. Motivasi mengikuti layanan bimbingan dan konseling di SMP N I Kampar yang berada dalam kategori tinggi sebesar 15.71%, sedang sebesar 68.57%, dan rendah sebesar 15.71%. Hasil penelitian dengan menggunakan teknik korelasi koefisien kontingensi diperoleh nilai hitung sebesar 0.268. Pada taraf signifikan 5% = 0.232 dan pada taraf 1% = 0.302, sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang peran guru pembimbing di SMP N I Kampar berada dalam kategori cukup baik, motivasi siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling di SMP N I Kampar berada dalam kategori sedang, dan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentang peran guru pembimbing dan motivasi siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling di SMP N I Kampar. Dengan kata lain, semakin baik persepsi siswa terhadap peran guru pembimbing maka semakin tinggi motivasi siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 30 Dec 2016 09:14
Last Modified: 30 Dec 2016 09:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item