Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

Firdaus (2012) PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012655.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis layanan yang dilaksanakan dalam kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah adalah layanan konseling kelompok yang ditujukan kepada anak didik yang mengalami permasalahan. Akan bagaimana keikutsertaan siswa serta bagaimana sikap siswa terhadap layanan konseling kelompok tersebut ditentukan pula oleh tanggapan atau persepsi siswa tentang layanan konseling kelompok itu sendiri. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan konseling kelompok di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tentang layanan konseling kelompok di Sekolah Menengah Atas 12 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objek penelitiannya adalah persepsi siswa tentang layanan konseling kelompok. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas 12 Pekanbaru yang pernah mengikuti layanan konseling kelompok yang berjumlah 876 orang. Dalam penelitian ini penulis menarik sampel dengan teknik stratified random sampling sebesar 20% dari populasi, sehingga sampel penelitian berjumlah 175 orang. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik angket dan wawancara. Teknik angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang persepsi siswa tentang layanan konseling kelompok sedangkan wawancara digunakan untuk mendapatkan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tersebut. Oleh karena penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif, maka data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif pula. Data yang bersifat kualitatif dianalisis secara deskriprif kualitatif, sedangkan data yang bersifat kuantitatif dianalisis secara deskriptif persentase. Berdasarkan penyajian data dan analisis data maka dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa persepsi siswa tentang layaan konseling kelompok di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru tergolong positif. Secara kuantitatif persentase diperoleh angka 69 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 30 Dec 2016 09:13
Last Modified: 30 Dec 2016 09:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10294

Actions (login required)

View Item View Item