Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMPN 6 TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Dwi Nopria Nengsih (2012) PENGARUH MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMPN 6 TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012645.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) bagaimana siswa kelas VIII SMPN 6 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi yang mengikuti konseling kelompok, (2) bagaimana tingkat keaktifan belajar siswa kelas VIII SMPN 6 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, dan (3) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara mengikuti layanan konseling kelompok terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 6 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini penelitian korelasi. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 6 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi dan objek penelitian ini adalah pengaruh mengikuti Iayanan konseling kelompok terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 6 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan singingi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang pernah mengikuti layanan konseling kelompok yang berjumlah 30 orang. Mengingat populasi tidak begitu besar maka penulis menggunakan Total Sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan data angket yang disusun mengikuti skala Likert. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara korelasi dengan rumus Product Moment Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) siswa yang mengikuti konseling kelompok kelas VIII SMPN 6 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi berada dalam kategori sedang yakni sebesar 83.33%. (2) keaktifan belajar siswa kelas VIII SMPN 6 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi berada dalam kategori sedang yakni sebesar 90%. (3) berdasarkan uji korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.753. Hasil koefisien korelasi ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar siswa SMPN 6 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Pengaruh mengikuti layanan konseling kelompok terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 6 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi diperoleh dan koefisien determinasi adalah 57%. Dengan kata lain semakin siswa mengikuti layanan konseling kelompok semakin aktif siswa dalam belajar. Kepada guru pembimbing diharapkan kiranya terus meningkatkan intensitas pelaksanaan layanan konseling kelompok di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 30 Dec 2016 09:10
Last Modified: 30 Dec 2016 09:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item