PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 PEKANBARU

Afrinaldo, (2012) PELAKSANAAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 25 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012642.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Pekanbaru. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pembimbing dan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel 4 orang guru pembimbing dan 54 siswa kelas VIII. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Data wawancara dan dokumentasi dianalisa secara naratif sedangkan angket dianalisa dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Pekanbaru tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan angket, hasil wawancara menunjukkan bahwa guru pembimbing telah menetapkan dan melaksanakan subyek yang akan dilayani, konten yang akan dipelajari secara rinci, langkah-langkah layanan, fasilitas layanan, mengimplementasikan high touch, evaluasi kegiatan layanan, tindak lanjut kegiatan layanan, mengkomunikasikan rencana tindak lanjut, menyusun laporan, menyampaikan laporan kepada kepala sekolah dan mendokumentasikan laporan. Sedangkan hasil angket dengan jumlah persentase yang diperoleh adalah 57.06% sesuai dengan ukuran persentase yang ditetapkan bahwa antara 56% - 75% tergolong “pelaksanaannya baik”. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Pekanbaru : (1) Pendidikan guru pembimbing bervariasi, (2) Jumlah guru pembimbing tidak seimbang dengan jumlah siswa, (3) Sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 30 Dec 2016 09:08
Last Modified: 30 Dec 2016 09:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item