PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN KELOMPOK SPONTANITAS TERPIMPIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN TANJUNG PINANG

Rina Jamil, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN KELOMPOK SPONTANITAS TERPIMPIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN TANJUNG PINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011132.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran langsung dengan kelompok spontanitas terpimpin untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tanjungpinang. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran langsung dengan kelompok spontanitas terpimpin untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tanjungpinang pada pokok bahasan Segitiga?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Tanjungpinang yang berjumlah 37orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari hasil belajar matematika, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 37 siswa yaitu 5 siswa tuntas dan 32 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 13,5%. Sedangkan hasil tes hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran langsung dengan kelompok spontanitas terpimpin pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual 34 siswa tuntas dan 3 siswa belum tuntas, rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 92%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan kelompok spontanitas terpimpin dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:56
Last Modified: 15 Jan 2016 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item