Nur Hasanah (2012) HUBUNGAN SOSIAL DI KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012634 .pdf Download (689kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sosial siswa di kelas X SMA Islam As-Shofa, motivasi belajar siswa klas X SMA Islam As-Shofa, dan untuk mengtahui tingkat sisnifikansi hubungan sosial di kelas dan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Islam As-Shofa. Berdasarkan studi awal, peneliti menemukan gejala ada siswa yang disenangi oleh teman-temannya di setiap kelas, ada siswa yang kurang disenangi oleh teman temannya di setiap kelas, ada sebagian siswa yang disenagi oleh teman-teman di kelasnya, yang memiliki motivasi belajar tinggi dan ada pula diantara mereka yang menunjukkan motivasi belajar yang rendah, ada sebagian siswa yang kurang disenangi oleh teman-teman di kelasnya, yang memiliki motivasi belajar rendah, namun ada pula yang menunjukkan motivasi belajar tinggi. Untuk mengumpuljkan data peneliti menggunakan sosiometri dan angket sebagai instrumennya. Dari analisa data, dapat disimpulkan bahwa hubungan siswa di kelas tergolong disenangi (79,76%) dan motivasi belajar siswa kelas x tergolong sedang (86,72%). Untuk mengetahui tingkat sisnifikansi hubungan sosial di kelas dan motivasi belajar siswa kelas x, peneliti menggunakan korelasi koefisien kontingensi, dapat di lihat Φ = 0,353. Ini berarti bahwa pada kedua taraf signfikan o,195<0,353>0,254. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa semakin baik hubungan sosial siswa di kelas maka motivasi belajar siswa akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 09:06 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 09:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10288 |
Actions (login required)
View Item |