Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 AIR TIRIS KABUPATEN KAMPAR

Yenni Gusrianti (2012) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 AIR TIRIS KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012591.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan dorongan, suatu usaha yang didasari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil. Motivasi menyebabkan terjadinya suatu perubahan energi yang ada pada manusia, sehingga akan bergayut pada persoalan gejala kejiwaan, perasaan dan juga emosi, untuk kemudian bertindak melakukan sesuatu. Menurut teori social interction, interaksi sosial yang membentuk motivasi. Keinginan untuk tampil seragam dengan orang lain yang menjadikan kita berperilaku tertentu. Sedangkan menurut prinsip motivasi teori dari Behavioristik, menyatakan bahwa seorang siswa yang duduk di sekolah tingkat pertama lebih termotivasi dalam belajar kalau mendapatkan penguatan dari teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya, motivasi belajar siswa dan hubungan antara interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Air Tiris Kabupaten Kampar. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah hubungan antara interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Air Tiris Kabupaten Kampar yang berjumlah 304 orang. Penulis menggunakan sampel sebesar 30% yakni 34 orang. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data dengan skala psikologi, yaitu skala interaksi sosial dan skala motovasi belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Teknik ini digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya dengan motivasi belajar siswa data dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Berdasarkan penyajian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa 1. Interaksi sosial siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Air Tiris Kabupaten Kampar sebagian besar tergolong cukup baik. 2. Motivasi belajar siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Air Tiris Kabupaten Kampar sebagian besar tergolong sedang. 3. Terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi sosial dalam kelompok sebaya dan motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Air Tiris Kabupaten Kampar. Berdasarkan perhitungan statistik koefisien korelasinya 0,855.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 08:57
Last Modified: 28 Dec 2016 08:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10283

Actions (login required)

View Item View Item