PERSEPSI TENTANG KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PEMBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Nurhidayati, (2012) PERSEPSI TENTANG KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PEMBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP SISWA KELAS XI DALAM MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012590.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Persepsi atau anggapan atau penilaian seseorang tentang sesuatu objek akan mempengaruhi sikapnya terhadap objek tersebut. Kemampuan komunikasi interpersonal guru pembimbing yang dinilai positif oleh siswa, akan berpengaruh terhadap sikap siswa tersebut dalam mengikuti layanan-layanan yang diadakan oleh guru pembimbing termasuklah layanan konseling individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran persepsi siswa kelas XI tentang kemampuan komunikasi interpersonal guru pembimbing di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. (2) gambaran sikap siswa kelas XI dalam mengikuti layanan konseling individual di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. (3) pengaruh persepsi tentang kemampuan komunikasi interpersonal guru pembimbing terhadap sikap siswa kelas XI dalam mengikuti layanan konseling individual di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan objek penelitian adalah pengaruh persepsi tentang kemampuan komunikasi interpersonal guru pembimbing terhadap sikap siswa dalam mengikuti layanan konseling individual. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang pernah mengikuti layanan konseling individual yaitu sebanyak 38 orang. Oleh karena populasi tidak begitu besar maka dalam penelitian ini penulis menggunakan total sampling. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan persepsi tentang kemampuan komunikasi interpersonal guru pembimbing terhadap sikap siswa kelas XI dalam mengikuti layanan konseling individual di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik dengan teknik korelasi product moment dilanjutkan dengan Koefisien Diterminasi (KD). Setelah data yang diperoleh dari lapangan dianalisis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1. Persepsi siswa kelas XI tentang kemampuan komunikasi interpersonal guru pembimbing di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar sebagian besar tergolong cukup positif. 2. Sikap siswa kelas XI dalam mengikuti layanan konseling individual di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar sebagian besar tergolong cukup positif. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi tentang kemampuan komunikasi interpersonal guru pembimbing terhadap sikap siswa kelas XI dalam mengikuti layanan konseling individual di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa besarnya pengaruh variabel persepsi tentang kemampuan komunikasi interpersonal guru pembimbing terhadap sikap siswa dalam mengikuti layanan konseling individual adalah sebesar 32,49%, sedangkan 67,51 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 08:54
Last Modified: 28 Dec 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10282

Actions (login required)

View Item View Item