Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI LANDASAN KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (KKK) GURU PEMBIMBING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU

Rusni (2012) PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI LANDASAN KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (KKK) GURU PEMBIMBING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012558.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap keterampilan guru pembimbing di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap keterampilan guru pembimbing diSekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa dan guru pembimbing, dan objek penelitian adalah persepsi siswa terhadap keterampilan guru pembimbing di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase, dengan jumlah sampel sebanyak 83 orang siswa yaitu kelas VIII dengan menggunakan tekhnik simple random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan angket untuk siswa dan wawancara untuk siswa dan guru pembimbing. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan guru pembimbing di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru dikatakansetuju sebesar 73,7%dan tidak setuju sebesar 26,4%. Setelah diolah menggunakan rumus, maka dapat digolongkan bahwapersepsi siswa terhadap dan keterampilan guru pembimbing di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru tergolong “positif”, hasil harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan agar lebih baik. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap keterampilan guru pembimbing diSekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru adalah siswa merasa senang ketika berkonsultasi dengan guru pembimbing, siswa mengetahui peran guru pembimbing bagi perkembangan dan pemecahan permasalahan yang dialami oleh siswa dan pelayanan yang diberikan oleh guru pembimbing sangat memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 08:51
Last Modified: 28 Dec 2016 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10280

Actions (login required)

View Item View Item