MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH TANJUNG PINANG MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TUTOR SEBAYA

Dwi Julianti Ningsih, (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH TANJUNG PINANG MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TUTOR SEBAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011131.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Tanjungpinang melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Tanjungpinang melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Tanjungpinang yang berjumlah 19 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari hasil belajar matematika. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, kemudian peneliti menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 19 siswa yaitu 6 siswa tuntas dan 13 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 31,58%. Sedangkan tes hasil belajar matematika dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual 15 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas, rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 78,95%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:54
Last Modified: 15 Jan 2016 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1028

Actions (login required)

View Item View Item