PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN BIDANG BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAHATAS NEGERI 01 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Gusmeri, (2012) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN BIDANG BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAHATAS NEGERI 01 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012493.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keaktifan siswa kelas XI dalam mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar di SMA Negeri 01 Kampar Utara Kabupaten Kampar. (2) Kedisiplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 KamparUtara Kabupaten Kampar. (3) Pengaruh keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar terhadap kedisiplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 01 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keaktifan siswa dalam mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar di SMA Negeri 01 Kampar Utara Kabupaten Kampar, (2) bagaimana kedisiplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 01 Kamapar Utara Kabupaten Kampar (3) apakah ada pengaruh yang signifikan keaktifan siswa mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar terhadap kedisplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 01 kampar Utara Kabupaten Kampar. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui tujuan 1 dan 2 dianalisis secara dekriptif persentase, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan dalam mengikuti layanan informasi bidang bimbingan belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar dianalisis secara statistik dengan teknik korelasi product moment. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y digunakan rumus KD = (r 2 ) X 100%. Setelah data yang diperoleh di lapangan dan dianalisis, maka disimpulkan bahwa: 1. Keaktifan siswa kelas XI mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar di SMA Negeri 01 Kampar Utara Kabupaten Kampar tergolong sedang. Hasil ini didapat berdasarkan persentase jawaban angket sebesar 78.181%. 2. Kedisplinan siswa kelas XI di SMA Negeri 01 Kampar Utara Kabupaten Kampar tergolong tinggi. Hasil ini didapat berdasarkan persentase jawaban angket sebesar 87.272% 3. Terdapat Pengaruh yang signifikan keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar terhadap kedisplinan siswasiswa kelas XI di SMA Negeri 01 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dilihat dari angka korelasi product moment sebesar 0,570. Adapun besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 32.49%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 08:39
Last Modified: 28 Dec 2016 08:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10273

Actions (login required)

View Item View Item