Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM.KECAMATAN KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU

Eka Yunita (2012) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM.KECAMATAN KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012485.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan perpustakaan sekolah merupakan sumber belajar yang penting untuk mencapai suskes dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum kecamatan Kepenuhan kabupaten Rokan Hulu. (2)Untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum kecamatan Kepenuhan kabupaten Rokan Hulu. (3)Untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan prestasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum kecamatan Kepenuhan kabupaten Rokan Hulu.. Subyek penelitian adalah siswa/siswi kelas VIII dan obyeknya adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah dan prestasi belajar siswa kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 54 orang dari 2 lokal dan jumlah seluruh populasi dijadikan sampel penelitian (total sampling). Teknik pengumpulan data untuk mengetahui hubungan pemanfaatan perpustakaan adalah wanwancara dan angket. Angket kemudian dianalisa dengan presentase, sedangkan prestasi belajar diambil dari buku leger. Setelah data terkumpul data tersebut kemudian dianalisis secara korelasi, karena kedua variabel penelitian ini berbeda jenis datanya. Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah berskala ordinal sedangkan prestasi belajar berskala interval, maka korelasi yang cocok adalah korelasi serial. Penelitian ini menemukan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah tergolong “optimal” (83,55%). Hal ini dapat dilihat dari presentase pilihan jawaban siswa yang berjumlah 54 siswa. Prestasi belajar siswa tergolong ‘sedang” dari nilai rata-rata siswa dapat diketahui jumlah skor 1179,98148 dengan jumlah siswa 54, jadi rata-ratanya 73,84. Dari hasil data yang diperoleh berdasarkan analisa statistik dengan menggunakan rumus korelasi serial dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah dan prestasi belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum kecamatan Kepenuhan kabupaten Rokan Hulu dari koefisien korelasi 0,599 jauh lebih besar dari r tabel, baik pada taraf signifikan 5% yaitu 0,273 maupun pada taraf signifikan 1% 0,354 yaitu atau dapat dibaca (0,273 <0,599>0,354), maka hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Ini berarti terdapat kolerasi positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. karena itu penulis menyarankan kepada pustakawan sekolah dan wali kelas agar lebih dapat memperhatikan siswa terutama dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sarana dan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 08:36
Last Modified: 28 Dec 2016 08:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10272

Actions (login required)

View Item View Item