Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROFIL SISWAUNPOPULAR DAN PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI MASALAH HUBUNGAN SOSIALNYA DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU

Intan Komalasari (2012) PROFIL SISWAUNPOPULAR DAN PERAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI MASALAH HUBUNGAN SOSIALNYA DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012482.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk(1)Mengetahui siswa unpopular(terisolir) yang mengalami masalah hubungan sosial di SMA Negeri Pekanbaru(2) Mengetahui jenis masalah hubungan sosial siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru (3) Mengetahui peran guru pembimbing mengatasi masalah hubungan sosial siswaunpopular di SMA Negeri 12 Pekanbaru Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa yang mengalami masalah hubungan sosial dan guru pembimbing yang membimbing siswa responden di SMA Negeri 12 Pekanbaru dan obyeknya adalah masalah hubungan sosial siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan dengan teknik sosiometri,AUM dan wawancara. Data yang didapat dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan dengan kualitatif, sedangkan data wawancara dianalisa dengan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil siswa unpopular (terisolir) berjumlah 14 orang yang mengalami masalah hubungan sosial di SMA Negeri 12 Pekanbaru adalah: Siswa unpopular sebagian besar anak pertama dari beberapa orang saudara,beragama islam dan 1 orang kristen katolik. Tinggal bersama orang tua kandung, berangkat ke sekolah pakai kendaraan pribadi sepeda motor, memiliki ruang belajar sendiri, perlengkapan belajar yang lengkap, mayoritas pekerjaan ayah PNS, pekerjaan ibu (ibu rumah tangga).Penghasilan orangtuadiatas Rp. 1.000.000.Profil siswa unpopular dilihat dari segi: a. Hubungan siswa yang unpopular (terisolir) dengan keluarga, siswaunpopular banyak merasakan orangtuanya bisa memberikan dorongan dan kesempatan untuk memperoleh kebebasan dalam mengambil keputusan (85.7%). b. Hubungan siswa unpopular dengan teman-teman sebaya, banyak siswa unpopularyang merasa puas kalau berkumpul dengan teman sebayanya (85.7%). c. Hubungan siswa unpopular dengan guru-guru di sekolah, sangat banyak siswa unpopular yang merasa senang dengan guru-guru tertentu (92.9%). Jenis masalah hubungan sosial yang dialami siswa unpopulardi SMA Negeri 12 Pekanbaru adalah: a. Tidak menyukai atau tidak disukai seseorang (35.71%), b. Merasa diperhatikan, dibicarakan, atau diperolokkan orang lain (42.85%), c. Mengalami masalah karena ingin lebih terkenal atau lebih menarik atau lebih menyenangkan bagi orang lain (14.28%), d. Mempunyai kawan yang kurang disukai orang lain (50%), e. Merasa tidak dianggap penting, diremehkan, atau dikecam oleh orang lain (14.28%), f. Canggung dan/atau tidak lancar berkomunikasi dengan orang lain (14.28%), g. Tidak lincah dan kurang mengetahui tentang tata krama pergaulan (7.14%), h. Kurang pantas memimpin dan/atau mudah dipengaruhi orang lain (57.14%), i. Sering membantah atau tidak menyukai suatu yang dikatakan/ dirasakan orang lain, atau dikatakan sombong (42.85%), j. Mudah tersinggung atau sakit hati dalam berhubungan dengan orang lain (35.71%), k. Lambat menjalin persahabatan (14.28%). Peran guru pembimbing dalam membantu mengatasi masalah hubungan sosial siswa unpopular di SMA Negeri 12 Pekanbaru adalah: a. Mengidentifikasi masalah hubungan sosialsiswa melalui observasi, sosiometri, informasi dari guru bidang studi dan siswa itu sendiri. b. Membuat program yang sesuai dengan masalah siswa dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling. c. Guru pembimbing memasukkan materi pentingnya membangun hubungan sosial. d. Membantu siswa yang bermasalah dengan melaksanakan konseling individual. e. Jika sampai berselisih, guru pembimbing melakukan layanan mediasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:50
Last Modified: 28 Dec 2016 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10269

Actions (login required)

View Item View Item