HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 1 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Lusi Asmarani, (2012) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N 1 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012477.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Motivasi adalah suatu dorongan yang menyebabkan seseorang melakukan sesuatu. Dalam kegiatan belajar, motivasi merupakan salah satu faktor penting yang dapat mendorong dan mengarahkan minat belajar untuk mencapai hasil yang baik. Salah satu upaya yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah terjalinnya hubungan dan komunikasi interpersonal yang baik antara guru dan siswa. Komunikasi interpersonal adalah suatu proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih secara langsung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru agama Islam terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA N 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 135 siswa dan objek penelitian ini adalah hubungan komunikasi interpersonal guru agama Islam terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA N 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang atau 25% dari subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumen. Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik deskriftif kuantitatif dan teknik analisi korelasi product moment dengan bantuan program SPSS 16. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal guru agama Islam terhadap motivasi belajar siswa kelas xi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA N 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Hasil Validitas skala komunikasi interpersonal guru agama islam berkisar antara 0.306-0.649 dan reliabilitasnya 0,870. Sedangkan pada skala motivasi belajar siswa diperoleh validitas berkisar antara 0.344-0.649 dan reliabilitasnya 0,852. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa adanya korelasi antara komunikasi interpersonal guru agama islam dan motivasi belajar siswa sebesar 0.862 dengan signifikansi 0.0, ini berarti 0.0≤0.05. Artinya terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal guru agama islam dan motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Analisis ini menunjukan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:49
Last Modified: 28 Dec 2016 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10268

Actions (login required)

View Item View Item