HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Lusi Gustiana, (2012) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU MENGELOLA KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012471.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar siswa penting dalam proses belajar mengajar. Motivasi belajar siswa turut dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam mengelola kelas dan motivasi belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Falah Airmolek. Masalah penelitian ini adalah ada sebagian ruang kelas yang belum ditata, ada sebagian ruang kelas yang anak didiknya belum diatur tempat duduknya, ada sebagian siswa yang anak didiknya tidak bersemangat dalam belajar dan ada juga sebagian siswa yang tidak bisa fokus dalam belajar. Untuk mengumpulkan data baik persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam mengelola kelas (variabel X) maupun motivasi belajar siswa (variabel Y) penulis menggunakan tekhik pengumpulan data berupa angket. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan rumus “r” Korelasi koefisien Kontingensi (Contingensi Coefficient Correlation). Untuk menganalisanya penulis menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Program Society Science) versi 16.0 for Windows. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam mengelola kelas di MTs Nurul Falah Airmolek sebagian besar tergolong cukup baik yakni sebesar 71,58%, motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Nurul Falah Airmolek sebagian besar tergolong sedang yakni sebesar 69,47% dan korelasi antara persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam mengelola kelas dan motivasi belajar siswa sebesar 0.363 dengan signifikansi 0.006, ini berarti 0.006≤0.05. Artinya terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang kemampuan guru mengelola kelas dan motivasi belajar siswa kelas VIII. Analisis ini menunjukan bahwa Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:45
Last Modified: 28 Dec 2016 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item